Langsung ke konten utama

RPP IKATAN KIMIA (BENTUK GEOMETRI MOLEKUL)



STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
 

RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN
MATERI IKATAN KIMIA
“SUB MATERI BENTUK GEOMETRI MOLEKUL

Description: Description: D:\file Retno\foto\download.jpg








OLEH :
WAGIAH
ACC 114 039


DOSEN PENGAMPU
Dra. Ruli Meiliawati, M.Pd




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
PALANGKA RAYA
2016


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :           SMA
Mata Pelajaran             :           Kimia
Kelas / Semester          :           XI/1
Materi Pokok               :           Ikatan Kimia
Sub Materi                   :           Bentuk Geometri Molekul
Alokasi Waktu             :           1 x 15 menit


A.    KOMPETENSI INTI
KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3     : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,  budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan  peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan  prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




B.     KOMPETENSI DASAR
1.1  Menyadari adanya keteraturan dari struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator       :
·      Mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa
·      Menyadari bahwa ketentuan yang diterapkan pleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk kita
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta  berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator       :
·      Rasa ingin tahu
·      Jujur dalam menggunakan data pengamatan
·      Teliti dalam mengolah dan menganalisis data
·      Ulet dalam mencari pengetahuan yang mendukung penyelesaian masalah
4.7 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom ( Teori Domain Elektron ).
Indikator     :
·      Menjelaskan apa itu teori VSEPR.
·      Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori VSEPR.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menjelaskan teori VSEPR.
2.      Siswa dapat memprediksikan bentuk molekul dengan menggunakan teori VSEPR.

D.    MATERI PELAJARAN
1.      Konsep Teori Domain Elektron.
2.      Bentuk molekul.
Uraian Materi
Bentuk molekul berhubungan dengan posisi atom-atom dalam suatu molekul. Dalam hal ini bentuk molekul menggambarkan posisi atom-atom dalam ruang tiga dimensi dan besarnya sudut ikatan yang terjadi dalam ikatan kovalen dalam suatu molekul.
1.        Teori Domain Elektron
Teori domain elektron adalah suatu cara untuk meramalkan geometri molekul berdasarkan tolak menolak elektron pada kulit luar atom pusat.  Domain elektron berarti kedudukan elektron atau daerah keberadaan elektron. Jumlah domain elektron ditentukan sebagai berikut: Tiap-tiap atom yang terikat terhitung sebagai satu daerah kerapatan elektron yang tinggi, sperti pada ikatan tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga. Tiap-tiap pasangan elektron bebas pada atom pusat terhitung sebagai satu daerah rapat elektron yang tinggi. Domain elektron berarti kedudukan elektron atau daerah keberadaan elektron. 
Terdapat  2 jenis domain :
§  Domain ikatan  = pasangan elektron ikatan =  PEI
§  Domain bukan ikatan = pasangan elektron bebas = PEB
Prinsip-prinsip dasar teori domain elektron adalah sebagai berikut :
1.      Antar domain elektron pada kulit luar atom pusat saling tolak menolak sehingga domain elektron akan mengatur diri (mengambil formasi)sedemikian rupa sehingga tolak menolak di antaranya menjadi minimum.
2.      Urutan kekuatan tolak menolak di antara domain elektron adalah sebagai berikut: Tolakan antar domain elektron bebas > tolakan antar domain elektron bebas dengan domain elektron ikatan > tolakan antar domain elektron ikatan. 
3.      Perbedaan daya tolak ini terjadi karena pasangan elektron bebas hanya terikat pada satu atom saja, sehingga bergerak lebih leluasa dan menempati ruang lebih besar daripada pasangan elektron ikatan. Akibat dari perbedaan daya tolak tersebut adalah mengecilnya sudut ikatan karena desakan dari pasangan elektron bebas.
4.      Bentuk molekul hanya ditentukan oleh pasangan elektron terikat.

Teori VSEPR
Teori VSEPR merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk memprediksi bentuk-bentuk geometri yang dibentuk oleh atom-atom dalam molekul yang terikat secara kovalen. Teori ini didasarkan pada gagasan pada semua pasangan elektron yang terikat secara langsung pada suatu atom, yaitu pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) di sekitar atom pusat dan akan mengatur posisinya sebisa mungkin saling menjauh satu sama lain.
Pasangan elektron ikatan merupakan elektron-elektron valensi yang digunakan bersama-sama oleh atom-atom dalam molekul, sedangkan pasangan elektron bebas merupakan elektron-elektron valensi yang terdapat dalam molekul pada tempat-tempat di mana elektron-elektron tersebut tidak dilibatkan dalam proses ikatan.
Gagasan utama dari teori tolakan pasangan elektron (VSEPR) adalah tiap pasangan elektron valensi pada atom pusat memiliki peranan penting. Pasangan elektron valensi pada atom pusat akan tolak menolak satu dengan yang lainnya. Elektron-elektron akan tersusun pada atom pusat dengan tolakan diantaranya yang paling kecil.
Struktur Lewis dari suatu molekul merupakan struktur yang dapat menggambarkan bagaimana posisi pasangan elektron yang mengelilingi atom pusat, baik pasangan elektron yang berikatan (PEI), maupun pasangan elektron yang tidak berikatan atau pasangan elektron bebas (PEB). Pasangan-pasangan elektron ini saling tolak menolak. Untuk menentukan bentuk molekul berdasarkan tolakan pasangan elektron di sekitar atom pusat, ahli kimia mengemukakan suatu teori yang dikenal dengan nama teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion).
Tabel Hubungan Antara PEI dan PEB pada Atom Pusat terhadap Bentuk Molekul

Jumlah
Domain
Jumlah
PEI(X)
Jumlah
PEB(E)
Notasi
VSEPR
Bentuk Molekul
Nama Bentuk
Contoh
Molekul
2
2
-
AX2
Description: clip_image001
Linear
BeCl2
3
3
-
AX3
Segitiga Datar
BCl3
2
1
AX2E
Angular
SO2
4
4
0
AX4
Tetrahedral
CH4
3
1
AX3E
Trigonal Piramida
NH3
2
2
AX2E3
Bentuk V
H2O
5
5
0
AX5
Trigonal Bipiramida
PCl5
4
1
AX4E
Bentuk Jungkitan
TeCl4
3
2
AX3E2
Bentuk T
ClF3
2
3
AX2E3
Bentuk Linear
XeF2
6
6
0
AX6
Oktahedral
SF6
5
1
AX5E
Piramida Segiempat
IF5
4
2
AX4E2
Segiempat Datar
XeF4
Meramalkan Bentuk Molekul Berdasarkan Teori VSEPR
Lima Geometri Molekul Dasar
a.    Linear
Bila semua atom berada dalam bentuk garis lurus. Sudut yang terbentuk di antara dua atom yang terikat yang menuju ke atom pusat, disebut sudut ikatan yang besarnya 1800.
b.   Segitiga planar
Empat atom yang disusun membentuk segitiga pada bidang datar, keempat atomnya  terletak pada bidang yang sama. Atom pusat dikelilingi oleh tiga atom yang membentuk segitiga. Semua sudut ikatan besarnya 120o.
c.    Tetrahedron
Terahedron adalah piramid empat sisi yang mempunyai tiga sudut yang sama. Pada molekul yang tetrahedron, atom pusat terletak di tengah-tengah tetrahedron dan keempat atomnya terletak pada sudut-sudut. Semua sudut ikatannya sama besar yaitu 109,5o.
d.   Bipiramidal trigonal
Bipiramidal trigonal terdiri dari dua piramid trigonal (serupa tetrahedron) yang permukaannya dibagi bersama. Molekul bipiramid trigonal mempunyai atom pusat yang dikelilingi oleh lima atom lainnya. Atom pusat terletak ditengah bidnag triangular. Pada molekul ini, tidak semua sudut ikatan sama. Di antara dua ikatan yang terletak di bidang segitiga pusat, besar sudut ikatan adalah 120o. Besar sudut nya hanya 90o antara ikatan dengan bidang segitiga pusat dengan ikatan membentuk biopiramid trigonal di atas dan di bawah bidang segitiga pusat.
e.         Oktahedron
Suatu oktahedron adalah gambar geometri yang mempunyai delapan permukaan. Kita dapat membayangkan molekul tersebut terdiri dari dua piraid yang dasarnya bidang empat persegi yang dibagi bersama. Pada molekul oktahedron atom pusat dikelilingi oleh enam atom lainnya. Atom pusat terletak ditengah segiempat yang mellui titik tengah oktahedron. Keenam atom terikat ke atas pusat dengan enam sudut oktahedron. Sudut setiap pasanagn atom yang berdekatan besarnya sama yaitu 90o.
Bentuk molekul akan sama dengan susunan ruang elektron yang ada pada atom pusat jika tidak ada pasangan elektron bebas. Langkah-langkah dalam menentukan geometri molekul:
a.    Buatlah konfigurasi elektron setiap atom yang berikatan.
b.    Tentukan elektron valensi setiap atom yang berikatan.
c.    Buat struktur Lewis.
d.   Tentukan pasangan elektron berikatan dan pasangan elektron bebas pada atom pusat.
e.    Tentukanlah bentuk molekulnya.
Merumuskan Tipe Molekul
Jumlah domain (pasangan elektron) dalam suatu molekul, dapat dinyatakan sebagai berikut :


Text Box: AXnEm
 
Notasi VSEPR

Dimana , A = atom pusat
X = PEI, n = jumlah PEI
E = PEB , m = jumlah PEB
Sebagai Contoh : Molekul H2O
Konfigurasi elektron 8O = 1s2 2s2 2p4 (elektron valensi 6)
Konfigurasi elektron 1H = 1s1 (elektron valensi 1)
Satu atom O  berikatan dengan 2 atom H membentuk struktur lewis =
Pasangan elektron ikatan  : 2
Pasangan elektron bebas   : 2
Rumus domain elektron : AX2E2
Bentuk molekul : bentuk (V)

E.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          :           Scientific
Model                   :           Student Team Achievement Divisions (STAD)
Metode                 :           Diskusi

F.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media                   :           LCD dan Laptop
Sumber Belajar     :           LKS, Buku Kimia SMA kelas XI


G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Aktivitas
Alokasi waktu
Guru
Siswa
1.
Awal
v Guru mengucapkan salam pembuka.
v Guru mempersilahkan siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
v Guru menanyakan kehadiran siswa

Apersepsi
v Guru mengingatkan dan menanyakan tentang materi sebelumnya.

Motivasi
v Guru memotivasi siswa dengan memberikan sebuah analogi. Apakah kalian tau rumus kimia dari air ? rumus kimia dari air adalah H2O dimana Bentuk molekul  H2O Planar bentuk V. Mengapa demikian ? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus belajar tentang bentuk molekul terlebih dahulu.

v Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran :
1.   Siswa dapat menjelaskan teori VSEPR.
2.   Siswa dapat memprediksikan bentuk molekul dengan menggunakan teori VSEPR.
v Guru menanyakan siapa yang bisa menjelaskan tentang teori VSEPR ? Ada yang bersedia memberikan contoh senyawa apa untuk bentuk molekul dari pengertian teori VSEPR ?

v  Siswa menjawab salam
v  Siswa berdoa




v  Siswa menjawab pertanyaan guru








v Siswa menjawab pertanyaan.














v  Siswa memperhatikan dan menyiapkan diri untuk menerima pembelajaran










v  Siswa menjelaskan teori VSEPR.


v  Siswa menjawab.

3 menit
2.
Inti
Eksplorasi
v Guru membimbing siswa membentuk kelompok

v Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok

v Guru memberikan waktu kepada masing – masing kelompok untuk berdiskusi mengerjakan LKS yang telah diberikan

Elaborasi
v Guru mengamati siswa dalam mengerjakan LKS

v Guru meminta siswa untuk tiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok.

v Guru memberikan soal evaluasi  kepada setiap individu untuk dikerjakan dirumah masing-masing.

Konfirmasi
v Guru mempersilahkan siswa bertanya

v Siswa membentuk kelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan
v Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
v Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk menjawab LKS







v Siswa mengerjakan LKS dengan kelompoknya.

v Perwakilan kelompok menyampaika diskusinya



v Siswa mengambil soal evaluasi yang diberikan




v Siswa tidak ada bertanya
10 menit
3.
Penutup
v Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran
v Guru menutup pelajaran dan menyampaikan salam penutup
v  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran

v  Siswa menjawab salam dari guru
2 menit

H.      PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tes hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan penskoran (setiap soal diberi skor 1 bila jawaban benar dan skor nol bila jawaban salah)
2.         Penilaian sikap (perilaku) menggunakan rubrik penilaian perilaku
3.         Penilaian keterampilan menggunakan rubrik penilaian keterampilan

LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran       :         Kimia
Kelas/Semester      :         XI/1

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
NO.
NAMA SISWA
SIKAP
AKTIF
BEKERJASAMA
TOLERAN
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10













LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            :               Kimia
Kelas/Semester           :               XI/1

Indikator penilaian keterampilan menjawab pertanyaan dari guru
1.        Kurang baik jika menjawab pertanyaan dari guru dengan salah
2.        Baik jika kurang tepat menjawab pertanyaan dari guru
3.        Sangat baik jika benar menjawab pertanyaan dari guru

Indikator penilaian keterampilan berkomunikasi
1.         Kurang baik jika jawabanmasihsalahtetapidapatmenjelaskanhasiljawabandarisoal yang dijelaskan
2.         Baik jika jawaban sudah tepat tetapi kurang dapat menjelaskan hasil jawaban dari soal yang dikerjakan
3.         Sangat baik jika jawaban sudah tepat dan dapat menjelaskan hasil jawaban dari soal yang dikerjakan

Indikator penilaian keterampilan menulis di papan tulis
1.         Kurang baik jika tulisan di papan tulis kurang rapi dan sulit dibaca
2.         Baik jika tulisan di papan tulis kurang rapi tapi dapat dibaca
3.         Sangat baik jika tulisan di papan tulis rapi dan mudah dibaca
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
NO.
NAMA SISWA
KETERAMPILAN
Menjawab
Komunikasi
Menulis
1




2




3




4




5




6




8




9




10




Lembar Kerja Siswa
(LKS)Vertical Scroll: Kelompok : .................................
Nama  : 1. ..............................
  2. ..............................
  3. ..............................
  4. ..............................


Kelas  : .............
Hari, tanggal : .................................






TEORI DOMAIN
ELEKTRON







Description: Professor InGenius


Ayo Kita Simak Materinya...!!!






Description: D:\Walpaper\Gambar Kartun\0235.JPG











Rounded Rectangle: TabelBentukmolekulberdasarkanteori domain elektron
 

Description: Professor InGenius                           










Rounded Rectangle: Gambarbentukmolekulberdasarkanteori domain elektron


Rounded Rectangle: Gambarbentukmolekulberdasarkanteori domain elektron



Rounded Rectangle: Bagaimanaya cara menentukan bentuk molekul H2O, menggunakan teori domain elektron?  Data yang diketahui hanya nomor atom H= 1 dan nomor atom O = 8


Description: CoolClips_wb022822



Description: Professor InGenius






                                                                                                                                  
Rounded Rectangle: Perhatikan langkah-langkah dalam menentukan bentuk molekul menggunakan teori domain elektron dibawah ini!

 

Description: D:\Walpaper\Gambar Kartun\0237.JPG

Step 1:tentukan jumlah electron valensi masing-masing atom yang berikatan
Atom-atom yang berikatanadalah atom H dan atom O.
Rounded Rectangle: Ingat!
Elektron valensi adalah elektron yang berada dikulit terluar suatu atom. 
1  H =    1         elektron valensi
8 O =    2  6elektron valensi


Step 2: menggambarkan struktur Lewis senyawa H2O
Rounded Rectangle: Struktur Lewis







Flowchart: Multidocument: Hidrogen
H•
Flowchart: Multidocument: Oksigen
O
Flowchart: Multidocument: Air
 H  O  H











Horizontal Scroll: Domain electron bebas = 2
Domain electron ikatan = 2
Step 3: menghitung jumlah PEI dan PEB dari struktur Lewis H2O





Step 4: Menentukanrumusbentukmolekul H2O






Rounded Rectangle: Rumusbentukmolekul :AXmEn
dengan
A : atom pusat
X :semua atom yang terikat pada atom pusat
E : domain electron bebas
m :jumlah domain electron ikatan (PEI)
n :jumlah domain electron bebas (PEB)

Description: prof 2

 











Step 5: Gambarbentukmolekul H2O
Description: http://www.biojobblog.com/professor.jpg 












Penting
Domain electron bebas akan tolak-menolak semaksimal mungkin. Perhatikan urutan kekuatan tolak-menolak di antara domain elektron:






Rounded Rectangle: Tolakan antar domain elektron bebas>tolakan antara domain elektron bebas dengan domain elektron ikatan>tolakan antar domain elektron ikatan.


Description: prof 2
 



















Step 1:tentukan jumlah elektron valensi masing-masing atom yang berikatan
Atom-atom yang berikatan adalah atom P dan atom Cl







Rounded Rectangle: Ingat!
Elektron valensi adalah elektron yang berada dikulit terluar suatu atom.


 
Text Box: Elektronvalensi15 P = ….         
17 Cl =   2   ….      



Step 2: menggambarkan struktur Lewis senyawa PCl3


 
Struktur Lewis P

Struktur Lewis Cl

Struktur Lewis PCl3

Horizontal Scroll: Domain elektron bebas =…………...
Domain elektron ikatan =…………...
Step 3: menghitung jumlah domain elektron ikatan dan domain elektron bebas dari struktur Lewis PCl3




Step 4: Menentukan rumus bentuk molekul PCl3


 













Step 5: Gambar bentuk molekul PCl3








Rounded Rectangle: Gambarbentukmolekul PCl3

…………………………….


Explosion 1: 2


Horizontal Scroll: Menentukan bentuk molekul PCl5

 









Step 1:tentukan jumlah elektron valensi masing-masing atom yang berikatan
Atom-atom yang berikatan adalah atom P dan atom Cl







Rounded Rectangle: Ingat!
Elektron valensi adalah elektron yang berada dikulit terluar suatu atom.


 
Text Box: Elektronvalensi15 P = ….         
17 Cl =   2   ….      




Step 2: menggambarkan struktur Lewis senyawa PCl3


 
Struktur Lewis P


 
Struktur Lewis Cl

Struktur Lewis PCl3

Horizontal Scroll: Domain elektron bebas =…………...
Domain elektron ikatan =…………...
Step 3: menghitung jumlah domain elektron ikatan dan domain elektron bebas dari struktur Lewis PCl5




Step 4: Menentukan rumus bentuk molekul PCl5


 













Step 5: Gambar bentuk molekul PCl5





Rounded Rectangle: Gambarbentukmolekul PCl3

…………………………….



Description: Professor InGenius
 






Description: Professor InGenius                Selamat mengerjakan


 




























Flowchart: Punched Tape: Soal EvaluasiDescription: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQkskte9Et78R28Gm9FuZxXH-WahrRrLdGJAge8A6C_HSaF2xQe




Coba kerjakan latihan di bawah ini, untuk memantapkan pemahaman kalian tentang bentuk molekul suatu senyawa.
Petunjuk
*        Isilah titik-titik pada tabel di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
*        Buatlah bentuk molekul sesuai dengan gambar model balon pada masing-masing kolom tersebut menggunakan alat yang ada
*        Jawab pertanyaan yang tersedia dengan singkat dan jelas.
*        Gunakan buku penuntun untuk membantu dalam menyelesaikan LKS ini.

Molekul
Struktur Lewis
Jumlah domain elektron
Domain Ikatan (PEI)
Domain bukan Ikatan (PEB)
Notasi VSEPR
(AXnEm)
Gambar Model  Balon

Bentuk Molekul yang Terbentuk
Sudut Ikat
Nama Bentuk Molekul
BeCl2
Description: D:\Untitled68.jpg
2
2
0
AX2


180

Linear
BCl3
Description: D:\Untitled68.jpg

..........

3

.........

..........

..........

120

..........
SO2
Description: D:\Untitled68.jpg

.........

..........

1

.........


.........

..........

Bentuk V
CH4

.........

..........

4

.........

..........


109,5

.........
NH3
Description: D:\Untitled68.jpg

4

..........

.........

..........

.........

107,3
.
........
H2O

..........

.........

..........

2

..........
..........
104,5
Bentuk V atau bengkok
PCl5
Description: D:\Untitled68.jpg

.........

5

.........

..........


..........

.........
     TeCl4
Description: D:\Untitled68.jpg

5

..........

.........

..........

.........

120

.........
CIF3
Description: D:\Untitled68.jpg

.........

..........

2

..........

.........

..........

Bentuk T
XeF2
.

........

5

..........

.........

..........

..........

.........
SF6
Description: D:\Untitled68.jpg

.........

..........

0

..........

.........

..........

Oktahedral
IF5
Description: D:\Untitled68.jpg

.........

5

.........

..........

.........

..........

Piramida Segi Empat
XeF4



.........

6

..........

.........

AX4E2

..........
90, 180

..........


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Tugas menyusun Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran Tugas        : Pengembangan Media Pembelajaran Nama        :  Wagiah NIM         : ACC 114 039 Jenis Media Pembelajaran : Media Cetak (Membuat LKS) Langkah-langkah penyusunan media cetak Secara garis besar kegiatan pengembangan media pembelajaran terdiri atas tiga langkah besar yang harus dilalui, yaitu kegiatan  perencanaan, produksi dan penilaian. S ementara itu, dalam rangka melakukan desain atau rancangan pengembangan program media. Arief Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi 6 (enam) langkah sebagai berikut: 1.     Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2.     Merumuskan tujuan intruksional   (Instructional objective)   dengan operasional dan   khas 3.     Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4.     Mengembangkan alat pengukur keberhasilan 5.     Menulis naskah media
Tugas SBM JAWABAN-JAWABAN DEFINISI ISTILAH 1.       Pembelajaran Pembelajaran  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  secara terprogram   dalam   desain   instruksional   yang   menciptakan   proses interaksi antara  sesama  peserta  didik,  guru  dengan  peserta  didik  dan dengan  sumber  belajar yang bertujuan  untuk  menciptakan perubahan  secara  terus-menerus  dalam  perilaku  dan  pemikiran  siswa pada   suatu   lingkungan   belajar. 2.       Model    pembelajaran    Model    pembelajaran    adalah    kerangka konseptual yang    melukiskan    prosedur    yang    sistematis    dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,   dan   berfungsi   sebagai   pedoman   bagi   para   perancang pembelajaran dan para pengajar dalam  merancang dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. 3.       Pendekatan  pembelajaran  Pendekatan  pembelajaran adalah sudut pandang atau orientasi yang digunakan dalam pembelajaran, yang kemudi