Langsung ke konten utama
Tugas SBM
JAWABAN-JAWABAN DEFINISI ISTILAH
1.      Pembelajaran
Pembelajaran  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  secara terprogram   dalam   desain   instruksional   yang   menciptakan   proses interaksi antara  sesama  peserta  didik,  guru  dengan  peserta  didik  dan dengan  sumber  belajar yang bertujuan  untuk  menciptakan perubahan  secara  terus-menerus  dalam  perilaku  dan  pemikiran  siswa pada   suatu   lingkungan   belajar.

2.      Model    pembelajaran   
Model    pembelajaran    adalah    kerangka konseptual yang    melukiskan    prosedur    yang    sistematis    dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,   dan   berfungsi   sebagai   pedoman   bagi   para   perancang pembelajaran dan para pengajar dalam  merancang dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar.

3.      Pendekatan  pembelajaran 
Pendekatan  pembelajaran adalah sudut pandang atau orientasi yang digunakan dalam pembelajaran, yang kemudian menuntun dalam pemilihan penggunaan metode atau teknik pembelajaran.

4.      Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metide dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Artinya,  di dalam penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai tujuan tertentu, artinya disini bahwa arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan.

5.      Metode  Pembelajaran
Metode  pembelajaran  adalah  strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran  yang  telah  ditetapkan. Hal  ini bertujuan untuk mendorong  seorang  guru  untuk mencari metode  yang tepat dalam penyampaian  materinya agar dapat diserap dengan  baik  oleh  siswa.  Sebab, mengajar  secara  efektif  sangat  bergantung  pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar. 
6.      Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.
untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

7.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah  rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling  luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar  yang  terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.


8.      Strategi Belajar Mengejar

Strategi belajar mengejar adalah kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau instruktur dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan fasilitas kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP IKATAN KIMIA (BENTUK GEOMETRI MOLEKUL)

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR   RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATERI IKATAN KIMIA “SUB MATERI BENTUK GEOMETRI MOLEKUL ” OLEH : W AGIAH ACC 114 0 3 9 DOSEN PENGAMPU Dra. Ruli Meiliawati, M.Pd PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA PALANGKA RAYA 201 6      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan       :            SMA Mata Pelajaran              :           Kimia Kelas / Semester           :           XI/1 Materi Pokok                :           Ikatan Kimia Sub Materi                    :           Bentuk Geometri Molekul Alokasi Waktu              :           1 x 15 menit A.     KOMPETENSI INTI KI 1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), sant

Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Tugas menyusun Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran Tugas        : Pengembangan Media Pembelajaran Nama        :  Wagiah NIM         : ACC 114 039 Jenis Media Pembelajaran : Media Cetak (Membuat LKS) Langkah-langkah penyusunan media cetak Secara garis besar kegiatan pengembangan media pembelajaran terdiri atas tiga langkah besar yang harus dilalui, yaitu kegiatan  perencanaan, produksi dan penilaian. S ementara itu, dalam rangka melakukan desain atau rancangan pengembangan program media. Arief Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi 6 (enam) langkah sebagai berikut: 1.     Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2.     Merumuskan tujuan intruksional   (Instructional objective)   dengan operasional dan   khas 3.     Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4.     Mengembangkan alat pengukur keberhasilan 5.     Menulis naskah media