Tugas SBM
JAWABAN-JAWABAN DEFINISI ISTILAH
1. Pembelajaran
Pembelajaran adalah
kegiatan yang dilakukan
oleh guru secara terprogram dalam
desain instruksional yang
menciptakan proses interaksi
antara sesama peserta
didik, guru dengan
peserta didik dan dengan
sumber belajar yang
bertujuan untuk menciptakan perubahan secara
terus-menerus dalam perilaku
dan pemikiran siswa pada
suatu lingkungan belajar.
2. Model pembelajaran
Model pembelajaran adalah
kerangka konseptual yang
melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan
pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan
berfungsi sebagai pedoman
bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar
dalam merancang dan melaksanakan aktivitas
belajar mengajar.
3. Pendekatan pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah sudut
pandang atau orientasi yang digunakan dalam pembelajaran, yang kemudian
menuntun dalam pemilihan penggunaan metode atau teknik pembelajaran.
4.
Strategi Pembelajaran
Strategi
pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang
termasuk juga penggunaan metide dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan
dalam pembelajaran. Artinya, di dalam
penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja
belum sampai pada tindakan. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai tujuan
tertentu, artinya disini bahwa arah dari semua keputusan penyusunan strategi
adalah pencapaian tujuan, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran,
pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam
upaya pencapaian tujuan.
5. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran
adalah strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mendorong seorang
guru untuk mencari metode yang tepat dalam penyampaian materinya agar dapat diserap dengan baik
oleh siswa. Sebab, mengajar secara
efektif sangat bergantung
pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar.
6. Media
Pembelajaran
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta
dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan
terkendali.
untuk
meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan
pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan
menggunakan media, perlu diperhatikan
ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan
dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
7. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah
rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam
setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling
luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar
yang terdiri atas
1 (satu) indikator atau beberapa
indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
8. Strategi
Belajar Mengejar
Strategi
belajar mengejar adalah kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau instruktur
dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan fasilitas kepada
pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah
ditetapkan.
Komentar
Posting Komentar