Langsung ke konten utama

Kriteria Penilaian Pengembangan Media Pembelajaran

Tugas Kriteria Penilaian Pengembangan Media Pembelajaran
Tugas        : Pengembangan Media Pembelajaran
Nama        :  Wagiah
NIM         : ACC 114 039

INSTRUMEN PENILAIAN/TELAAH MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS AUDIO VISUAL

Judul/Nama Media : ...............................

Pengembang/Perancang : .......................

Jenjang Sekolah : ..................................

Petunjuk : Gunakan skala rating berikut untuk setiap item. Jika anda ingin menambahkan komentar, silakan masukkan pada kotak catatan yang telah disediakan. Baca ulang sekali lagi setelah anda selesai memberikan tanda lingkaran (0) untuk memastikan bahwa skor yang anda berikan telah sesuai.

1 = sangat kurang   2 = kurang  3 = cukup  4 = baik   5 = sangat baik   TD = tidak diterapkan  

A. Aspek Umum Media Audio Visual
1
2
3
4
5
TD
1. Secara umum media pembelajaran mempunyai kualitas visual (penampilan) dan suara (audio) baik
1
2
3
4
5
TD
2. Media pembelajaran mencakup bahan untuk siswa dan guru (panduan untuk guru dan LKS siswa)
1
2
3
4
5
TD
3. Konten merupakan informasi terbaru (up to date)
1
2
3
4
5
TD
4. Konten mengandung pesan yang ingin disampaikan
1
2
3
4
5
TD
5. Konten bersesuaian dengan tugas / aktivitas belajar yang diberikan pada siswa
1
2
3
4
5
TD
6. Informasi visual, auditorial, dan taktil (sentuh) benar
1
2
3
4
5
TD
7. Grafik, gambar, atau hal lainnya mempunyai warna, tekstur, simbol yang baik
1
2
3
4
5
TD
8. Bahan dapat digunakan secara parsialuntuk suatu segmen, atau menyeluruh sebagai satu kesatuan utuh
1
2
3
4
5
TD
9. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan dan pengembangan media sebanding dengan manfaatnya
1
2
3
4
5
TD
B. Aspek Aksesibilitas Media Audio Visual
1
2
3
4
5
TD
10. Komponen audio media mempunyai bentuk alternatif lain dalam bentuk print out (bahan cetak)
1
2
3
4
5
TD
11. Komponen video diperjelas oleh komponen audio
1
2
3
4
5
TD
12. Media pembelajaran audio visual manipulatif dapat diakses dengan bantuan teknologi atau aktivitas lainnya
1
2
3
4
5
TD
13. Media pembelajaran aman digunakan oleh siswa
1
2
3
4
5
TD

Catatan :                                                                                                                                  








..........................., .......................
Penilai / Reviewer Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual



(..................)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Tugas menyusun Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran Tugas        : Pengembangan Media Pembelajaran Nama        :  Wagiah NIM         : ACC 114 039 Jenis Media Pembelajaran : Media Cetak (Membuat LKS) Langkah-langkah penyusunan media cetak Secara garis besar kegiatan pengembangan media pembelajaran terdiri atas tiga langkah besar yang harus dilalui, yaitu kegiatan  perencanaan, produksi dan penilaian. S ementara itu, dalam rangka melakukan desain atau rancangan pengembangan program media. Arief Sadiman, dkk, memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi 6 (enam) langkah sebagai berikut: 1.     Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2.     Merumuskan tujuan intruksional   (Instructional objective)   dengan operasional dan   khas 3.     Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4.     Mengembangkan alat pengukur keberhasilan 5.     Menulis naskah media

RPP IKATAN KIMIA (BENTUK GEOMETRI MOLEKUL)

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR   RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATERI IKATAN KIMIA “SUB MATERI BENTUK GEOMETRI MOLEKUL ” OLEH : W AGIAH ACC 114 0 3 9 DOSEN PENGAMPU Dra. Ruli Meiliawati, M.Pd PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA PALANGKA RAYA 201 6      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan       :            SMA Mata Pelajaran              :           Kimia Kelas / Semester           :           XI/1 Materi Pokok                :           Ikatan Kimia Sub Materi                    :           Bentuk Geometri Molekul Alokasi Waktu              :           1 x 15 menit A.     KOMPETENSI INTI KI 1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), sant
Tugas SBM JAWABAN-JAWABAN DEFINISI ISTILAH 1.       Pembelajaran Pembelajaran  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  secara terprogram   dalam   desain   instruksional   yang   menciptakan   proses interaksi antara  sesama  peserta  didik,  guru  dengan  peserta  didik  dan dengan  sumber  belajar yang bertujuan  untuk  menciptakan perubahan  secara  terus-menerus  dalam  perilaku  dan  pemikiran  siswa pada   suatu   lingkungan   belajar. 2.       Model    pembelajaran    Model    pembelajaran    adalah    kerangka konseptual yang    melukiskan    prosedur    yang    sistematis    dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,   dan   berfungsi   sebagai   pedoman   bagi   para   perancang pembelajaran dan para pengajar dalam  merancang dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. 3.       Pendekatan  pembelajaran  Pendekatan  pembelajaran adalah sudut pandang atau orientasi yang digunakan dalam pembelajaran, yang kemudi